RENCANA MUTU PEMELAJARAN
Program Studi : S1
Keperawatan
Kode Mata Kuliah : Kep.
Nama Mata Kuliah :
Praktik Klinik Ketrampilan Dasar Dalam Keperawatan.
Jumlah SKS : 1.
SKS (praktek klinik)
Semester :
IV
Pertemuan :
6
Alokasi Waktu : 250
menit
Topik :
konsep pemeriksaan fisik
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa mampu
mengintegrasikan ilmu yang terkait konsep
pemeriksaan fisik dalam aplikasi pelayanan kesehatan di tatanan klinik.dalam
melakukan asuhan keperawatan kebutuhan dasar manusia dan mengeksplorasikan proses pemecahan masalah
dan pembuatan keputusan klinik, mengetahui dasar praktis keperawatan berbasis
bukti penelitian (EBN).
II. Kompetensi
Dasar :
Memahami konsep pemeriksaan fisik dalam aplikasi
pelayanan kesehatan di tatanan klinik.
III. Indikator :
Setelah
mengikuti praktik klinik ini mahasiswa diharapkan mampu :
- Memahami tujuan Pemeriksaan fisik dan memgaplikasikan konsep tentang, ensitifitas budaya., Integritas pengkajian fisik dengan asuhan keperawatan.
- Melakulan Ketrampilan pengkajian fisik
- Melakukan Persiapan pemeriksaan fisik.
- Melakukan Pengaturan pemeriksaan.
- Melakukan Survei umum.
- Memahami dan mengplikasikan Tehnik-tehnik pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi, dan perkusi)
- Melakukan Pemeriksaan secara sistematik dari kepala sampai kaki dengan berbagai metode
IV. Materi Ajar ( Target kompetensi ):
1.
Tujuan
Pemeriksaan fisik.
2.
Sensitifitas
budaya.
3.
Integritas
pengkajian fisik dengan asuhan keperawatan.
4.
Ketrampilan
pengkajian fisik
5.
Persiapan
pemeriksaan
6.
Pengaturan
pemeriksaan.
7.
Survei
umum.
8.
Memahami
dan menjelaskan Tehnik-tehnik pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi,
dan perkusi)
9.
Memahami
dan menjelaskan Pemeriksaan secara sistematik dari kepala sampai kaki dengan
berbagai metode
Tindakan keperawatan :
1.
Teknik-teknik
pemeriksaan fisik.
2.
Pemeriksaan
fisik head to toe.
V. Metode/Strategi
Pembelajaran :
Bedside
teaching, studi kasus, diskusi kasus, laporan kasus
VI. Tahap
Pembelajaran :
A.
Kegiatan awal :
Dosen
memberikan tugas sebelum praktek kepada setiap mahasiswa untuk mencari, membaca
prosedur dan aplikasi pemeriksaan fisik.
B.
Kegiatan inti :
Dosen
membimbing mahasiswa dengan metode bed side teaching, studi kasus, dan diskusi
kasus.
C. Kegiatan Akhir :
Dosen menyimpulkan secara umum dan
memberikan evaluasi.
Dosen mengakhiri perkuliahan dengan bacaan
hamdalah
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.
Alat/Media :
Protap, kebijakan, standar
asuhan keperawatan pemeriksaan fisik di pelayanan kesehatan tempat praktik
klinik
B. Bahan/Sumber Belajar :
Potter & Perry, 2005, Buku Ajar
Fundamental Keperawatan.
Perry and Potter, 1990, Pocket
Guide to Basic Skill and Procedurs St Louis, The CV Mosby Company
Kozier Barbara, Glenora Erb, 1987, Fundamental
of Nursing Concepts and ProCedurs, California,
addison Weshley
Kozier Barbara, 1989, Fundamental of Nursing Concepts, Process and
Practise, California,
Addison Weshley
Kozier Barbara, 1987, Techniques and Clinical Nursing, a Nursing
Process
Approach, California,
Addison Weshley
Nuely feeby Ellen, Moira Shannon Shire, Sharon Bernier Staboda, Fundamentals of Nursing Care, New York. D. Van Nostrand Company
Potter P. Perry Anne G, 1989, Fundamental of Nursing Concepts Process
and
Practice,
St Louis, CV Mosby Company
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrument penilaian :
1. Pencapaian target kompetensi
praktik klinik keperawatan
2. Ujian pengelolaan pasien.
3. Penilaian sikap selama praktik
klinik keperawatan
4. Laporan kasus
B. Kriteria Penilaian :
Nilai : pencapaian kompetensi (30%) +
Ujian pengelolaan (40 %) + penilaian sikap (20%) + Laporan kasus (10%)/4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar