Rabu, 26 Februari 2014

RMP



RENCANA MUTU PEMELAJARAN
Program Studi                                        : S1 Keperawatan
Kode Mata Kuliah                                 : Kep.
Nama Mata Kuliah                                 : Praktik Klinik Ketrampilan Dasar Dalam Keperawatan.
Jumlah SKS                                           : 1. SKS (praktek klinik)
Semester                                                 : IV
Pertemuan                                              : 6
Alokasi Waktu                                       : 250 menit
Topik                                                      : konsep pemeriksaan fisik

I.       Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu mengintegrasikan ilmu yang terkait  konsep pemeriksaan fisik dalam aplikasi pelayanan kesehatan di tatanan klinik.dalam melakukan asuhan keperawatan kebutuhan dasar manusia  dan mengeksplorasikan proses pemecahan masalah dan pembuatan keputusan klinik, mengetahui dasar praktis keperawatan berbasis bukti penelitian (EBN).

II.    Kompetensi Dasar :
      Memahami  konsep pemeriksaan fisik dalam aplikasi pelayanan kesehatan di tatanan klinik.

III. Indikator :
Setelah mengikuti praktik klinik ini mahasiswa diharapkan mampu :
  1. Memahami tujuan Pemeriksaan fisik dan  memgaplikasikan konsep tentang, ensitifitas budaya., Integritas pengkajian fisik dengan asuhan keperawatan.
  2. Melakulan  Ketrampilan pengkajian fisik
  3. Melakukan Persiapan pemeriksaan fisik.
  4. Melakukan Pengaturan pemeriksaan.
  5. Melakukan Survei umum.
  6. Memahami dan mengplikasikan  Tehnik-tehnik pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi, dan perkusi)
  7. Melakukan Pemeriksaan secara sistematik dari kepala sampai kaki dengan berbagai metode



IV. Materi Ajar  ( Target kompetensi ):
1.            Tujuan Pemeriksaan fisik.
2.            Sensitifitas budaya.
3.            Integritas pengkajian fisik dengan asuhan keperawatan.
4.            Ketrampilan pengkajian fisik
5.            Persiapan pemeriksaan
6.            Pengaturan pemeriksaan.
7.            Survei umum.
8.            Memahami dan menjelaskan Tehnik-tehnik pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi, dan perkusi)
9.            Memahami dan menjelaskan Pemeriksaan secara sistematik dari kepala sampai kaki dengan berbagai metode

Tindakan keperawatan :
1.            Teknik-teknik pemeriksaan fisik.
2.            Pemeriksaan fisik head to toe.

V.    Metode/Strategi Pembelajaran :
Bedside teaching, studi kasus, diskusi kasus, laporan kasus

VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan awal                 :
Dosen memberikan tugas sebelum praktek kepada setiap mahasiswa untuk mencari, membaca prosedur dan aplikasi pemeriksaan fisik.
B. Kegiatan inti                    :
     Dosen membimbing mahasiswa dengan metode bed side teaching, studi kasus, dan diskusi kasus.
C. Kegiatan Akhir                :
     Dosen menyimpulkan secara umum dan memberikan evaluasi.
     Dosen mengakhiri perkuliahan dengan bacaan hamdalah

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
      A. Alat/Media                                  : Protap, kebijakan, standar asuhan keperawatan pemeriksaan fisik di pelayanan kesehatan tempat praktik klinik
      B. Bahan/Sumber Belajar     :
           Potter & Perry, 2005, Buku Ajar Fundamental Keperawatan.
           Perry and Potter, 1990, Pocket Guide to Basic Skill and Procedurs St Louis, The CV Mosby Company
Kozier Barbara, Glenora Erb, 1987, Fundamental of Nursing Concepts and ProCedurs, California, addison Weshley
Kozier Barbara, 1989, Fundamental of Nursing Concepts, Process and Practise, California, Addison Weshley
Kozier Barbara, 1987, Techniques and Clinical Nursing, a Nursing Process
Approach, California, Addison Weshley
Nuely feeby Ellen, Moira Shannon Shire, Sharon Bernier Staboda, Fundamentals  of Nursing Care, New York. D. Van Nostrand Company
Potter P. Perry Anne G, 1989, Fundamental of Nursing Concepts Process and
Practice, St Louis, CV Mosby Company

VIII.  Penilaian :
     A. Teknik dan instrument penilaian :
          1. Pencapaian target kompetensi praktik klinik keperawatan
          2. Ujian pengelolaan pasien.
          3. Penilaian sikap selama praktik klinik keperawatan
          4. Laporan kasus
     B. Kriteria Penilaian              :
          Nilai : pencapaian kompetensi (30%) + Ujian pengelolaan (40 %) + penilaian sikap (20%) + Laporan kasus (10%)/4





Tidak ada komentar: